Bekerja dengan menggunakan HARNESSES dan SABUK

Dalam keadaan tertentu ketetapan dan penggunaan harnesses dan sabuk adalah penting. Mereka menyediakan perlindungan berharga tetapi bukan pengganti pencegahan yang efektif.Harus dicatat bahwa sabuk pengaman kini  bukan  sebagai alat yang sesuai untuk menghentikan jatuh dan hanya digunakan sebagai suatu alat pengekangan dari jatuh. Dengan pemikiran ini hanya seluruh bagian harnesses harus dikenakan saat bekerja pada ketinggian tanpa menentukan pencegahan dari jatuh ditempat.

Referensi

Keadaan Bahaya dan Penilaian Resiko

Penilaian harus mempertimbangkan dengan seksama kebutuhan untuk menyediakan harnesses dan sabuk. Mereka harus menggunakannya sebagai suatu alat yang dapat melindungi platform aktif contohnya Scaffold, mobile elevated platforms aktif tidak dapat digunakan. Penilaian harus mengidentifikasi banyaknya orang yang menggunakan dalam  jangka waktu penggunaan dan banyaknya jangkar points/running yang dapat digunakan.

Daftar Resiko

Jalan menuju tempat kerja telah aman.

Jumlah anchor points/running lines

Pengamanan dari anchor points/running lines

Correct, secure clipping of karabina to anchor points.

Menggunakan harness dengan benar.

Memposisikan tali temali karabina pada anyaman harness yang lebar dan kuat.

Pemeriksaan kerusakan pada anyaman yang lebar dan kuat

Control Measures

Ada beberapa jenis harness dan sabuk yang tersedia dan meliputi.

Pole Belts (Type A)

Pole belts dirancang untuk digunakan oleh linesman dan orang lain yang memerlukan untuk bekerja diatas atau struktur serupa dalam kondisi di mana sabuk secara terus-menerus loaded. Mereka tidak diharapkan menggunakan disituasi permitting a drop of more than 0.6m.

General Purpose Safety Belts (Type B)

Tujuan sabuk keselamatan secara umum adalah dalam hubungannya  dengan keselamatan tali temali yang berhubungan dengan alat pemasangan untuk pemasangan ke anchorage points. Mereka dimaksudkan untuk digunakan jika mobilitas dapat terbatas dan jika efek kombinasi dari posisi anchorage point dan panjangnya tali temali terbatas hanya maksimum 1.2m.

Chest Harnesses (Type C)

Chest Harnesses adalah harnesses yang digunakan dalam hubungannya dengan tali temali keselamatan, untuk dipasangankan ke anchorage points. Mereka menyertakan chest belt dengan tali pengikat bahu, dibuat bersama dengan bahan yang kuat, baik didepan  maupun  di belakang, agar mampu menopang batang tubuh.

General Purpose Safety Harnesses (Type D)

Tujuan harnesses yang disertai tali pengikat paha dan tali pengikat bahu yang digunakan bersama dengan tali temali keselamatan, untuk pemasangan anchorage points. Harnesses may be built into lightweight carrier suits. Mereka dimaksudkan untuk digunakan jika  kebebasan gerak diperlukan tetapi jika the combined effects of the position of the anchorage, panjang tali temali, pemasangan petunjuk dari harnesses dan the length of any extensible webbing limits the drop to a maximum of 2m.

Safety Rescue Harnesses (Type E)Safety rescue harnesses dikenakan oleh orang yang bekerja dalam ruangan tertutup dimana dapat terjadi resiko yang disebabkan oleh gas beracun atau uap, atau dari bunker batubara, corong tuang kendor, grain silos dan semacamnya, where there is the danger of suffocating by immersion in the material on which they are standing. Mereka harus digunakan sesuai dengan bentuk penyelamatan yang sudah ditetapkan.

Rescue harnesses walaupun terutama hanya digunakan untuk penarikan jika terjadi kecelakaan, dapat juga digunakan untuk ketinggian yang mencapai 0.6m.

Safety Harnesses and Belts

Ketika platform aktif tidak bisa digunakan dan jika tidak ada fasilitas untuk memperbaiki safety nets, atau perubahan kerja yang cepat tidak dibarengi dengan perbaikan safety nets, maka safety harnessess atau sabuk keselamatan harus digunakan oleh orang yang mungkin akan terjatuh dari ketinggian lebih dari 2 meter.

Semua sabuk dan harnesses harus dalam kondisi yang bagus dan diperiksa terlebih dahulu sebelum digunakan.

Perbaikan yang baik harus dibuat seperti, sepanjang mungkin, orang akan leluasa bergerak tanpa harus secara terus menerus unclip dan harus memperbaiki kembali harnesses atau sabuk. A running line may be possible.

Jika  jarak yang di depan tidak memungkinkan pergerakan cukup, maka inertia reels dapat digunakan dengan ketentuan jarak terjun bebas maksimum tidak terlewati.

Semua orang perlu memakai harnesses atau sabuk harus diberi instruksi cukup dalam aplikasi dan pemeliharaan peralatan mereka.
HARNESSES AND BELTS

Safety Checklist

Sudahkah pencegahan untuk jatuh lainnya sudah diperhatikan.

Apakah semua peralatan dapat digunakan dan dalam kondisi yang bagus.

Apakah pekerja diberikan pelatihan dalam menggunakan peralatan.

Apakah anchor points sudah sesuai dan aman.

Apakan jalan menuju tempat kerja sudah aman untuk mencegah kecelakaan/ jatuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>